What Do IMC Consultants do?


Consultants, Consultants Everywhere

Saat ini, profesi konsultan adalah jenis profesi yang sering tersemat di mana-mana. Mulai dari konsultan pajak, konsultan keuangan, konsultan desain interior, konsultan IT, sampai konsultan kosmetik dan obat diet pun ada. Sebagai penyedia jasa konsultasi dan pelatihan, IMConsulting diisi sebagian besar oleh konsultan dalam bidang sumber daya manusia. Sebenarnya, apa sih kerjaan konsultan? Ngapain aja sih mereka?



Assisting Clients.

Tugas utama seorang konsultan sebenarnya adalah menjadi asisten klien dengan tujuan utama memberdayakan (empowering) klien. Ini berdampak pada beragamnya peran konsultan dalam membantu klien. Sebagai Human Resources Consultant, IMCons (sebutan untuk konsultan IMConsulting) dituntut untuk fleksibel menyesuaikan diri sesuai dengan tantangan yang sedang dihadapi klien. Beragam bidang bisnis yang digeluti klien, membuat IMCons belajar mendalami bidang yang mungkin jauh bedanya dengan bidang SDM, misalnya perbankan, retail, atau otomotif. Itulah mengapa IMCons dipilih berdasarkan semangatnya memelajari hal baru. Bahkan klien dengan bidang bisnis yang sama sekalipun, bisa membutuhkan solusi yang berbeda lho.


Appreciating Local Geniuses.

Sebaik-baik sumber belajar tentang bisnis klien adalah klien itu sendiri. IMCons akan menyediakan sesi ngobrol dengan klien untuk mengumpulkan informasi tentang praktik manajemen yang sudah dilakukan, termasuk kesulitan-kesulitan yang sedang dihadapi. Pada sesi ini, biasanya mulai muncul akar masalah dan hal-hal yang dibutuhkan oleh klien. Dalam mengumpulkan informasi, kemampuan analisa masalah dan komunikasi yang baik menjadi modal IMCons untuk menjalin diskusi yang produktif serta menghadirkan win-win solutions untuk kedua belah pihak.



Executing Plans.

Katanya, memiliki sebuah rencana sama artinya dengan separuh berhasil, tapi separuh keberhasilan mana cukup untuk IMCons? Setelah menggodok permasalahan dan berdiskusi dengan tim secara internal, beberapa rencana pun dibuat. Kira-kira apa ya maksudnya membuat beberapa rencana sekaligus? Hmm.. Betul! Beberapa rencana sengaja dibuat untuk mengantisipasi berjalannya eksekusi. Remember, if you fail to plan, you plan to fail!


Be Prepared To Change.

Terkadang, meskipun beberapa rencana sudah dibuat sebagai cadangan, situasi di lapangan berjalan di luar perencanaan awal. IMCons selalu siap untuk hal-hal seperti ini karena mereka tahu bahwa kunci pertama dari menghadapi perubahan rencana adalah tetap tenang. Jangan terbawa panik, stay cool and confident! Analisis keadaan dan himpun kerjasama tim untuk menyiasati tantangan yang ada. Ini jadi salah satu alasan mengapa bekerja dalam tim secara efektif juga merupakan skill yang penting dimiliki IMCons.


Apa pendapat kamu setelah mengetahui apa-apa saja yang dihadapi oleh IMCons dalam pekerjaan? Secara umum, bekerja sebagai konsultan dapat dibilang sebagai pekerjaan yang seru dan menantang karena kamu tidak akan terjebak dalam rutinitas membosankan. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang sering jenuh oleh pekerjaan berulang dan butuh tantangan baru untuk ditaklukkan setiap harinya. Do you dare to be one?

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/advice-advise-advisor-business-7075/ https://www.pexels.com/photo/two-woman-chatting-1311518/


24 views

Copyright © 2017 ​IMConsulting

  • Google+ Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Facebook Social Icon
CONSULTING
TRAINING & PEOPLE DEVELOPMENT

IMConsulting - Ruko Paris Square B2/36, Jl Letnan Sutopo, BSD City, Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia