Pelatihan Kerja? Tidak Boleh Tidak!

"If you train hard, you'll not only be hard, but you'll be hard to beat."

Begitu ketatnya persaingan dalam dunia industri saat ini mau tidak mau menuntut perusahaan untuk selalu bergerak maju agar bisa jadi yang terdepan, bukannya malah tertatih lalu tertinggal. Pernahkah Anda mengamati bebek yang sedang berenang di kolam? Seekor bebek yang sedang berenang nampak sangat tenang di atas permukaan air, tetapi sebenarnya ia mendayung dengan sangat cepat dan kuat di bawahnya. Sama juga halnya dengan perusahaan, di mana sumber daya manusia yang ada di dalamnya perlu tahu bagaimana strategi yang baik agar dapat “mendayung dengan cepat dan kuat” di tengah persaingan yang ada supaya dapat terus bergerak maju. Salah satu sumber utama untuk memperoleh strategi tersebut ialah melalui pelatihan kerja. Terlebih pengembangan diri merupakan salah satu kebutuhan untuk generasi saat ini.


Pelatihan kerja merupakan bentuk investasi yang dilakukan perusahaan agar dapat menjadi lebih kuat dan menonjol dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Hal ini karena banyaknya timbal balik yang akan diperoleh apabila perusahaan mengadakan pelatihan kerja, seperti:


1. Meningkatkan produktivitas dan kualitas perfoma.

Karyawan tidak perlu lagi melakukan trial-and-error dalam mencari cara yang terbaik untuk melakukan pekerjaannya, karena pengetahuan tersebut dapat langsung diperoleh dari materi pelatihan yang disampaikan. Pelatihan juga akan membekali karyawan berbagai pengetahuan agar karyawan dapat menyadari kemampuan maksimal yang sebenarnya dapat mereka tunjukkan dalam pekerjaan.


2. Tidak tertinggal di tengah kemajuan.

Perkembangan teknologi yang pesat memicu banyak perubahan dalam berbagai sektor kehidupan, itulah mengapa pelatihan menjadi alat untuk memastikan bahwa para karyawan tidak lagi bekerja dengan cara-cara yang sudah tidak up-to-date dan kaku.


3. Unggul dalam bersaing.

Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui pelatihan membuat SDM di perusahaan menjadi lebih kompeten dan profesional dalam bekerja. Sejalan juga dengan branding SDM yang akan terlihat lebih unggul dan dapat membuat calon potensial pekerja menjadi lebih tertarik untuk bergabung di dalamnya.


4. Menurunkan angka turnover pada karyawan.

Karyawan yang diberikan pelatihan kerja oleh perusahaanya akan merasa bahwa mereka dihargai terkait peran dan tanggung jawabnya dalam perusahaan. Perasaan dihargai tersebut yang kemudian membuat karyawan menjadi lebih engage saat bekerja. Ini yang membuat karyawan lebih puas pada perusahaannya sehingga mereka enggan untuk pergi karena merasa sudah berada di tempat yang tepat.


5. Memberikan profit yang menguntungkan.

Meskipun perusahaan perlu mengeluarkan biaya dalam mengadakan pelatihan, namun semua biaya tersebut dapat kembali lagi pada perusahaan dengan jumlah yang lebih besar. Pelatihan yang membuat karyawan bekerja lebih efisien akhirnya juga membuat perusahaan lebih produktif. Biaya rekrutmen untuk mencari orang baru juga terpotong karena karyawan menjadi lebih setia dengan perusahaan. Karyawan yang terlatih juga meningkatkan reputasi perusahaan agar menjadi lebih terpercaya.


Karena begitu vitalnya peran pelatihan, IMConsulting hadir sebagai solusi dengan menyediakan jasa pelatihan manajemen yang clear, simple, dan applicable sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Artinya setiap program training yang diberikan selalu disesuaikan dengan profil peserta training dan kebutuhan perusahaan, dan difasilitasi oleh fasilitator profesional dan bersertifikasi. Menjadikannya sebagai training dengan return on investmen yang baik.


Jadi, masih ragukah untuk melakukan pelatihan? Banyak program pelatihan menarik yang dapat dipertimbangkan untuk investasi Anda disini.

Copyright © 2017 ​IMConsulting

  • Google+ Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Facebook Social Icon
CONSULTING
TRAINING & PEOPLE DEVELOPMENT

IMConsulting - Ruko Paris Square B2/36, Jl Letnan Sutopo, BSD City, Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia