4 Kelebihan Berkarir di Konsultan Kecil



Ketika seseorang sudah menyelesaikan perkuliahannya, atau akan lulus dalam waktu dekat maka timbullah sebuah pertanyaan klasik, “perusahaan mana yang terbaik untuk karir saya?”. Benarkah perusahaan besar sudah pasti merupakan tempat bekerja yang terbaik?

Bagi individu yang beraspirasi bekerja di dunia Human Resources Consulting (Konsultansi Sumber Daya Manusia) pertanyaan tersebut juga muncul setelah mereka menyelesaikan pendidikan di jurusan psikologi, hukum, atau bisnis/manajemen. Mereka dihadapkan pada pilihan untuk bekerja di perusahaan konsultansi besar atau kecil.

Tentu mayoritas akan memilih bekerja di konsultan yang sudah besar dan ternama, walaupun sebetulnya banyak juga keuntungan-keuntungan bekerja di konsultan kecil. Khususnya bagi mereka yang memiliki dasar pikir untuk mengembangkan diri lebih jauh. Pertanyaan lebih penting dari sekedar besar atau kecilnya ukuran konsultan adalah seberapa mampu sebuah perusahaan konsultan memfasilitasi konsultannya dalam mengoptimalkan perkembangan diri, menimba wawasan HR dalam waktu singkat, dan menjadikannya pribadi yang dapat membantu klien dalam menghadapi masalah organisasi mereka. Disinilah, konsultan kecil memiliki beberapa keuntungan yang bisa dipertimbangkan saat mencari kerja.

1. Berkembang bersama perusahaan

Kesempatan mengembangkan diri ini amat sangat disediakan oleh perusahaan HR Consultant yang masih kecil di mana biasanya mereka memberikan kebebasan untuk menyampaikan ide-ide kreatif serta wadah untuk berinovasi. Hal ini belum tentu didapatkan dari perusahaan besar yang sudah ternama, di mana biasanya mereka sudah memiliki standar baku tertentu dalam menjalankan program-programnya. Selain itu, perusahaan HR Consultant yang masih kecil juga akan menantang individu yang ada di dalamnya untuk bisa menghadapi masalah-masalah yang akan terjadi yang perlu diselesaikan bersama. Ini yang secara tidak langsung akhirnya membuat individu yang berkerja di dalamnya kemudian dapat mengembangkan resiliensi atau ketahanan diri dalam mengatasi tantangan. Pada perusahaan besar biasanya masalah yang dihadapi akan lebih monoton karena masing-masing konsultan sudah punya bagian masalahnya masing-masing.

2. Membangun jaringan profesional

Menjadi konsultan berarti akan bertemu banyak orang lain yang bekerja di perusahaan klien. Kesempatan itu akan lebih banyak dijumpai saat bekerja di konsultan kecil. Jumlah konsultan yang tidak terlalu banyak, biasanya dapat memastikan bahwa seseorang akan menangani klien tertentu sehingga hubungan profesional dapat lebih terjalin. Hubungan profesional ini dapat menjadi modal yang baik untuk perkembangan karir selanjutnya.

3. Hubungan kerja yang lebih erat

Hubungan yang erat dalam perusahaan inilah yang kemudian menjadi keuntungan lain yang akan didapatkan apabila bergabung dalam perusahaan kecil karena akan memberikan pengaruh besar bagi performa diri dalam bekerja. Motivasi, khususnya dalam bekerja, akan banyak dipengaruhi dari hubungan sosial sehingga individu perlu mendapatkan rasa nyaman dan keterikatan dari rekan-rekannya yang akan ia ajak bekerja sama dan tentunya akan selalu ia temui tiap harinya. Hubungan yang lebih dekat lebih mudah tercipta karena interaksi yang lebih sering, dan deteksi masalah hubungan antarpersonal yang lebih dini. Seringkali, bekerja di sebuah perusahaan kecil seperti memiliki keluarga kedua.

4. Situasi Kerja yang lebih fleksibel

Perusahaan kecil cenderung tidak memiliki banyak aturan, misalnya tentang pakaian ataupun jam kedatangan. Oleh karenanya bekerja di konsultan kecil dapat memberikan fleksibilitas yang tidak dapat dijumpai di perusahaan besar. Waktu dan lokasi kerja bisa disepakati bersama sehingga tidak membosankan, yang penting adalah kualitas kerja dan tingkat kinerja konsultannya tetap terjaga. Kondisi ini menguntungkan banyak konsultan yang memerlukan fleksibilitas waktu atau ingin lebih bisa mengatur waktu pekerjaan dan waktu keluarga atau pribadinya.

Melihat dari banyaknya keuntungan yang ditawarkan perusahaan HR Consulting kecil membuat kesempatan untuk bergabung didalamnya menjadi sebuah peluang emas bagi seseorang untuk mencapai perkembangan dirinya. Perkembangan diri ini yang kemudian menumbuhkan keterampilan dan kemampuan yang akan terus dimiliki sampai kapanpun dalam konteks pekerjaan apapun. Oleh karena itu, memulai karir dari perusahaan HR Consulting kecil, seperti IMConsulting, merupakan suatu langkah besar bagi diri untuk akhirnya dapat mencapai potensi diri yang maksimal.


Memulai karir di tempat yang tepat dapat memberikan fondasi yang baik untuk perkembangan karir. Carilah perusahaan yang memberikan banyak ruang untuk belajar dan mengaplikasikan ide-ide kreatif.

Ellysabeth Ayuni is a candidate of bachelor of psychology in University of Indonesia. Keen to learn new things and doing research, she wrote several scientific articles and one presented them in international events.


(Edited by Martin William)


#HRConsulting #Karir #Konsultan

20 views

Copyright © 2017 ​IMConsulting

  • Google+ Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Facebook Social Icon
CONSULTING
TRAINING & PEOPLE DEVELOPMENT

IMConsulting - Ruko Paris Square B2/36, Jl Letnan Sutopo, BSD City, Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia